Selasa, 01 Januari 2013

sejarah singkat Alfamart



PT.Sumber Alfaria Trijaya,Tbk atau Alfamart merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Alfamart dapat dimiliki masyarakat luas dengan kemitraan.
PT.Sumber Alfaria Trijaya,Tbk didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga. Dan hingga saat ini PT.Sumber Alfaria Trijaya memiliki toko sebanyak ±5.670toko (November 2011) yang tersebar hampir diseluruh Indonesia dengan kantor pusat (Head Officer) PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk berkedudukan di Jl.MH Thamrin No. 9 Cikokol-Tanggerang.
  1. Sejarah Perusahaan
a.    27 Juni 1999
PT.Alfa Mitramart Utama (AMU) didirikan pemegang saham :
1)        PT.Alfa Retalindo,Tbk            = 51%
2)        PT.Lancar Distrindo    = 19%
b.    18 Oktober 1999
Toko pertama dibuka dengan nama “Alfa Minimart” di Jl.Beringin Raya, Karawaci, Tangerang.
c.    01 Agustus 2002
Kepemilikan beralih ke “PT.Sumber Alfaria Trijaya”
Pemegang saham :
1)         PT.HM Sampoerna     = 70%
2)         PT.Sigmantara Alfindo           = 30%
d.   01 Januari 2003
Nama “Alfa Minimart” diganti menjadi “Alfamart”.
Pada saat ini perusahaan tersebut memiliki cabang, antara lain :
1. Cabang Serpong                                   10. Cabang Surabaya
2. Cabang Bekasi                                     11. Cabang Lampung
3. Cabang Cileungsi 1                              12. Cabang Cirebon
4. Cabang Cileungsi 2                              13. Cabang Cikokol
5. Cabang Bandung 1                              14. Cabang Klaten
6. Cabang Bandung 2                              15. Cabang Semarang
7. Cabang Cilacap                                    16. Cabang Malang
8. Cabang Bali                                         17. Cabang Makasar
9. Cabang Balaraja

2.      Visi dan Misi “PT.Sumber Alfaria Trijaya,Tbk”
a.    Visi
“Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas berorientasi kepada pemberdayaan perusahaan kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global.”
b.    Misi
1)        Memberikan kepuasaan kepada pelanggan/konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul
2)        Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnis yang tertinggi.
3)        Ikut berpartisipasi dalam membangun Negara dengan menumbuh kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
4)        Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus tumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.

  1. Budaya Kerja “PT.Sumber Alfaria Trijaya.Tbk”
a.       Integritas yang tinggi.
b.      Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik.
c.       Kualitas dan produktivitas yang tertinngi
d.      Kerjasama team
e.       Kepuasaan pelanggan melalui standar pelayanan yang terbaik.

  1. Motto
“Belanja Puas, Harga Pas”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar